Silakan Berikan Donasi Anda disini ! Sumbangan Anda sangat Membantu Untuk Pengembangan Website Ini. Terima Kasih! .

Sebanyak 8.487 Peserta SNMPTN Undana Berebut 1.876 Kursi

Posted by

IKASMEDIA | dilansir dari undana.ac.id Sebanyak 8.487 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2015/2016 di Universitas Nusa Cendana (Undana), akan memperebutkan 1.876 kursi mahasiswa baru yang disediakan oleh satu-satunya universitas negeri tertua di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pendaftaran peserta SNMPTN tahun akademik 2014/2015 di Undana telah ditutup pada 8 Maret lalu.

“Jadi seleksi masuk Undana sangat ketat karena jumlah peserta kali ini cukup banyak. Sementara yang diterima sedikit sekali,” ujar Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D dalam acara interaktif yang disiarkan secara langsung oleh RRI Kupang, Kamis (7/5).
Dijelaskannya, mahasiswa baru yang akan diterima melalui SNMPTN sebanyak 1.876 orang itu, tersebar di sebelas fakultas yang ada di Undana, diantaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 522 orang, Fakultas Peternakan (Fapet) 150 orang, Fakultas Hukum (FH) 132 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 222 orang Fakultas Pertanian

(Faperta) 180 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 125 orang, Fakultas Sains dan Teknik (FST) 342 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 36 Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 33 orang, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) 77 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 90 orang.
Rektor Fred Benu, mengatakan, seleksi SNMPTN di Undana sama dengan yang berlaku di perguruan tinggi nasional lainnya di Indonesia secara ketat, dan hasilnya akan diumumkan tanggal 9 Mei 2015.
Sementara Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. David B.W. Pandie, MS pada kesempatan itu menjelaskan, jumlah pendaftaran siswa sejak dibuka pendaftaran sampai dengan penutupan pada tanggal 8 Maret 2015 tercatat 8.487 orang dengan perincian siswa/siswi yang memilih Undana sebagai tempat kuliah sebanyak 6.124 orang. Peserta yang memilih perguruan tinggi lain di luar Undana  sebanyak 2.363 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk 376 orang yang melamar beasiswa bidik misi.

Dalam acara dialog interaktif di RRI Kupang, Rektor, Fred.Benu menyampaikan informasi penting kepada seluruh siswa SMA/SMK/MA/MAK peserta UN tahun 2015, dan siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 bahwa Undana akan membuka pendaftaran oneline bagi mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2015, mulai tanggal 11 hingga 29 Mei 2015. “Jadi SBMPTN 2015 adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian dan ujian ketrampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Khusus jalur SBMPTN, Undana akan menerima 1.242 mahasiswa baru yang akan ditampung di 11 fakultas dan 47 program studi di lingkungan Undana,” tegas Benu.
Persyaratan pendaftaran, bagi siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 harus sudah memiliki ijazah, dan siswa lulusan tahun 2015 harus memiliki surat keterangan lulusa pendidikan menengah yang memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dibubuhi cap yang sah. Khusus bagi lulusan sekolah luar negeri non sekolah RI harus memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Dr. David B.W. Pandie, MS menjelaskan, tata cara pendaftaran dilakukan secara online dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan ketrampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 5 Mei 2015. Biaya seleksi sebesar Rp.100.000,- dapat dibayarkan melalui salah satu bank yaitu Bank Mandiri atau BNI. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
Sedang jadwal ujian tertulis dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juni 2015 terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum).
Pada kesempatan itu Rektor Fred. Benu,  menyampaikan prinsip penyelenggaraan pola penerimaan mahasiswa baru Undana melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN yaitu adil, akuntabel dan transparan. Sebagai pimpinan Undana, dalam penerimaan mahasiswa ini, kami tdak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi akademik yang dimiliki oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. “Jadi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses oleh semua pihak. Jadi saya tidak akan melayani daftar nama anak kandung, keponakan, anak keluarga, atau apapun namanya dari dosen maupun tenaga kependidikan Undana. Semuanya transparan,” tegas Fred Benu. (ds/ovan)


Blog, Updated at: 9:53 PM

0 comments:

Post a Comment